Pages

Rabu, 15 Agustus 2012

Makalah Paket Web Server

-->
LATAR  BELAKANG

                Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Banyak terdapat paket-paket dalam web server yang harus diketahui dan juga  fungsinya karena dengan itu kita dapat mengetahui jells tentang web server. Dalam menentukan paket web server juga harus menggunakan cara tertentu yang sederhana dan mudah dipahami  agar mudah dalam menentukan paket web server. Paket paket web server masing-masingnya juga memiliki kelebihan dan kekurangan ,maka dari  masalah diatas kita membuat sebuah makal yang berisi dan menjelaskan tentang apa itu web server,paket-paket web server ,kelebihan dan kekurangannya dan juga menjelaskan cara yang mudah untuk menentukan paket web server.




                                                TUJUAN

   Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini yaitu :
Ø  Agar kita bisa menjelaska modul webserver, server side scripting languages, data base server
Ø  Agar kita bisa menjelaskan paket web server dan browser client
Ø  Agar kita bisa menentukan paket web server yang lengkap dan mudah digunakan



Web server
         Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML
         Contoh:
        Apache
adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.
        NCSA
NCSA adalah salah satu cara autentifikasi menggunakan modul NCSA. Autentifikasi adalah cara untuk mengkoneksikan user dengan proxy server dalam kebutuhan untuk menggunakan layanan internet. Dalam hal ini dibutuhkan account dan password dari masing-masing user dimana setiap user yang terkoneksi pada proxy server harus login terlebih dahulu, sehingga setiap user harus mendaftar sebagai bagian dari proxy.
Software portable adalah software yang dapat dijalankan tanpa harus di install di computer jadi anda juga bisa menjalankannya  dari flashdisk
        IIS
IIS adalah IIS atau Internet Information Services adalah sebuah web server yang di gunakan dalam system operasi windows, yang berfungsi sebagai pendukung protocol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi jaringan computer. IIS juga menjadi dasar dari platform Internet dan Intranet Microsoft. Versi terbaru IIS adalah 7.5 yang terdapat di Windows Server 2008 R2, sedangkan versi 7 terdapat di Windows Server 2008, Windows Vista dan Windows 7.



Server-side scripting Languages
         Server-side scripting Languages adalah teknologi web server di mana permintaan dari setiap pengguna dapat dipenuhi dengan menjalankan skrip langsung pada web server untuk membuat halaman HTML secara dinamis.
         Contoh:
        JavaScript using Server-side JavaScript (*.ssjs, *.js)
JavaScript adalah bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT
Contoh <script type="teks/javascript">
        alert("Halo Dunia!");
</script>

        Perl CGI (*.cgi, *.ipl, *.pl)
PERL adalah bahasa pemrograman yang menggunakan tipe data dinamis, program PERL
dapat langsung dieksekusi tanpa harus melalui proses kompilasi tersendiri ke format binary yang dapat dieksekusi.PERL banyak digunakan pada aplikasi manajemen sistem dan jaringan, pemrograman web,manipulasi teks, akses ke database
CGI mirip sebuah program komputer yang menjadi perantara antara standar HTML yang menjadikan tampilan web dengan program lain, seperti basis data (database).[1] Hasil yang diperoleh dari proses pencarian dikirimkan kembali ke halaman web untuk ditampilkan dalam format HTML.
        PHP (*.php)
PHP Hypertext Preprocessor. PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini atau dalam kata lain bisa diartikan sebuah bahasa pemrograman web yang bekerja di sisi server (server side scripting) yang dapat melakukan konektifitas pada database yang di mana hal itu tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan sintaks-sintaks HTML biasa. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.

        CGI (*.c, *.csp)
CGI mirip sebuah program komputer yang menjadi perantara antara standar HTML yang menjadikan tampilan web dengan program lain, seperti basis data (database).[1] Hasil yang diperoleh dari proses pencarian dikirimkan kembali ke halaman web untuk ditampilkan dalam format HTML.
        ASP (*.asp, *.aspx)
ASP adalah singkatan dari  Active Server Pages yang digunakan untuk menciptakan konten yang dinamis dari suatu halaman web. Secara teknis kata itu adalah bahasa scripting sisi server. Hal ini banyak digunakan pada platform Windows.

Database
         Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
         Contoh:
        MS SQL
Mssql Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.

        ORACLE
Database Oracle adalah Database relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen Database RDBMS. Perusahaan Software Oracle memasarkan jenis Database ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform). Database Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.
        MYSQL
MySQL dikembangkan oleh sebuah perusahaan Swedia bernama MySQL AB, yang kala itu bernama TcX DataKonsult AB, sejak sekitar 1994–1995, meski cikal bakal kodenya bisa disebut sudah ada sejak 1979. MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
        POSTGRESQL
PostgreSQL adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Piranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain. PostgreSQL adalah sistem database yang kuat untuk urusan relasi, open source. Memiliki lebih dari 15 tahun pengembangan aktif dan sudah terbukti segala rancangan arsitekturnya telah mendapat reputasi tentang “kuat”, “handal”, “integritas data”, dan “akurasi data








Paket Web Server
         Paket Web Server merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket.
         Contoh:
-          XAMPP terdiri dari Apache web server, MySQL, PHP, Perl,  FTP server dan phpMyAdmin. Apache dapat diinstall di berbagai sistem operasi Linux, Solaris, Windows dan Mac OS X. Besar file 53.7 MB.
-          WampServer terdiri dari Apache, PHP5 dan MySQL. Sistem operasi yang didukung  Windows.  WampServer dilengkapi dengan manager service, dengan tray icon yang memudahkan dalam mengelolaserver.Besar file 2.1 MB.
-          EasyPHP paket ini terdiri dari Apache server, MySQL, PHPMyAdmin. Besar file 15.5 MB.
-          PHPTriad terdiri Apache, Mysql, PHP dan PHPMyAdmin. Hanya dapat di Windows. Besar file 13.5 MB
-          FoxServ terdiri dari Apache,  mySQL, PHP, PEAR, Zend dengan versi yang terbaru. Sistem Operasi yang dapat diinstal Windows dan Linux. Saat instalasi PHP sebagai modul sedang PEAR dan ZEND sebagai pilihan. Besar File 28.9 MB.
-          PHPDev terdiri dari PHP, Apache, MySQL, PERL, phpMyAdmin. phpdev secara kontinyu memperbaharui versi terbaru dari semua paket yang ada. Besar file 10.7 MB.
-          AppServ terdiri dari  Apache, MySQL, PHP, dan phpMyAdmin dengan semua komponen yang lengkap. Sistem operasi yang didukung Windows dan  Linux. Besar file 17.2 MB.
-          Server2go terdiri dari Apache, PHP dan MySQL. Dapat secara mandiri sebagai server diinstal dalam CD-ROM, USB Flash-Disk. Besar file 6-45 MB tergantung paket yang ingin digunakan.
-          Apache2Triad terdiri dari Apache2 , MySQL , PostgreSQL , OpenSSL , Xmail , SlimFTPd, PHP , Perl dan Python + Apache2TriadCP , PHPmyadmin , PHPPgAdmin , AWStats , UebiMiau , PHPXMail , PHPSFTPd. Semua dalam versi stabil. Besar file 100.4 MB.
-          VertrigoServ terdiri dari PHP development dan server environment untuk Windows secara komplit, juga  Apache 2.x.x, PHP 5.x.x, MySQL 5.x.x, dan PhpMyAdmin. Besar file 10.2 MB.
-          Uniform Server terdiri dari paket terakhir  dari Apache2, Perl5, PHP5, MySQL5, dan phpMyAdmin. Dapat dijalankan di Windows, tanpa instalasi, cukup diunpack dan jalan. Besar file 9.3 MB.
-          MAMP terdiri dari Apache, PHP and MySQL. Untuk Sistem operasi OSX. Besar file 117.7 MB.
-          TYPO3. Terdiri dari Apache Webserver, PHP dan MySQL. Sistem operasi yang didukung Windows. Besar File 52.9 MB.


Browser Client
         Browser Client merupakan perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.
         Contoh:
        Internet Explorer
merupakan rangkaian grafis web browser dikembangkan oleh Microsoft dan dimasukkan sebagai bagian dari Microsoft Windows baris sistem operasi , mulai tahun 1995. It was first released as part of the add-on package Plus! Ini pertama kali dirilis sebagai bagian dari paket pengaya Plus! for Windows 95 that year. untuk Windows 95 tahun itu. Later versions were available as free downloads, or in service packs , and included in the OEM service releases of Windows 95 and later versions of Windows. Versi yang tersedia sebagai download gratis, atau dalam paket layanan , dan termasuk dalam OEM rilis layanan Windows 95 dan versi Windows.
        Mozilla Firefox
Mozilla Firefox adalah gratis dan open source  browser web yang dikembangkan untuk Microsoft Windows , Mac OS X , dan Linux dikoordinasi oleh Mozilla Corporation dan Mozilla Foundation . Firefox uses the Gecko layout engine to render web pages, which implements current and anticipated web standards . As of July 2012 [update] , Firefox has approximately 24% of worldwide usage share of web browsers , making it the third most widely used web browser The browser has had particular success in Indonesia , Germany and Poland , where it is the most popular browser with 66%,  48%  and 47%  of the market share respectively. Firefox menggunakan Gecko layout engine untuk membuat halaman web, yang mengimplementasikan saat ini dan mengantisipasi standar web .
        Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek
        Safari
Safari adalah sebuah peramban web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan peramban web bawaan di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai peramban web bawaan.
        Opera
Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.

Menentukan Paket Web Server
         Cara menentukan paket web server :
        Paket web server tersebut harus dapat dijalankan atau operasikan di banyak System Opersi seperti : Windows dan Linux.
        Paket web server tersebut harus terdiri dari program database yang berguna untuk membuat database  dan dapat digunakan dengan mudah serta gampang di mengerti.
        Paket  web tersebut tidak banyak memakan atau mengabiskan memori computer.
        Dan pastinya Paket web server tersebut free.


Contoh Paket Web Server
         Uniform Server : Program ini berfungsi seperti layaknya sebuah server mini yang dapat menjalankan kode untuk web seperti php, Perl, CGI, maupun ASP.
Uniform Server
         Uniform Server adalah Windows Apache MySQL PHP lengkap (WAMPserver) paket portabel yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengetesan maupun live site langsung dari rumah di perangkat portabel. Uniform Server juga memungkinkan para pengembang aplikasi Web untuk menguji aplikasi yang dibuat dengan Apache, PHP, MySQL dan Perl tanpa menempatkan pekerjaan pada dedicated server atau shared hosting. Contoh ganbar
UNIFORM SERVER

      Program ini berfungsi seperti layaknya sebuah server mini yang dapat menjalankan kode untuk web seperti php, Perl, CGI, maupun ASP. Seperti kita ketahui, syarat mutlak untuk dapat disebut sebagai server adalah mampu menterjemahkan bahasa yang dibuat dalam oleh Client us kemudian menterjemahkan dan selajutnya mengirimkan pesan yang disampaikan ke browser seperti apa yang diinginkan oleh pembuat situs tersebut. Dan sebuah server, umumnya harus menyediakan beberapa program penterjemah bahasa seperti yang telah disebutkan di atas. Program Uniform Server ini mirip dengan PHPTriad maupun Dongkrak


Kelebihan  dan Kekurangan Uniform Server
         Kelebihan:
        Paket portabel yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengetesan program.
        Uniform Server juga memungkinkan para pengembang aplikasi Web untuk menguji aplikasi yang dibuat dengan Apache, PHP, MySQL dan Perl tanpa menempatkan pekerjaan pada dedicated server atau shared hosting.
        Dapat dijalankan di beberapa system operasi.
        Proses instalasi sangat mudah dan tidak perlu diinstal ke dalam komputer.
         Kelemahan
        Banyak memakan resource memory karena paket web server ini bersifat portable maka kita harus membuat folder penyimpanan secara manual.
        Jika dalam satu system operasi ada paket web server yang digunakan maka paket aplikasi uniform tidak dapat digunakan karena akan terjadi bentrok.




Kesimpulan

Dari materi yang kami bahas dapat kami simpulkan bahwa paket Uniform Server memiliki kelebihan seperti Uniform Server juga memungkinkan para pengembang aplikasi Web untuk menguji aplikasi yang dibuat dengan Apache, PHP, MySQL dan Perl tanpa menempatkan pekerjaan pada dedicated server atau shared hosting, dan kekurangannya Banyak memakan resource memory karena paket web server ini bersifat portable maka kita harus membuat folder penyimpanan secara manual.



0 komentar:

Posting Komentar